.breadcrumbs{padding:0 5px 5px 0;margin:0 0 5px;font-size:11px;border-bottom:1px dotted #ccc;font-weight:normal} Islam Mosque
Badaris Cengkareng. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Kamis, 26 Juli 2012

Benci Dalam Islam








^_^ Muhasabah..

Boleh membenci seseorang, yaitu benci perilakunya yg buruk... jangan benci orangnya.

karena... perilaku seseorang dapat berganti menjadi baik. dan ketika dia berperilaku baik... maka kita sudah tentu tidak membencinya.

namun... jikalah kita membenci orangnya. maka... walau ia akan berperilaku baik ataupun berperilaku buruk... sama saja.. kita akan senantiasa membencinya.

Tidaklah halal bagi seorang muslim mendiamkan (tidak mengajak bicara) saudaranya yang muslim lebih dari tiga hari, keduanya bertemu lalu ini memalingkan mukanya dan inipun berpaling pula. Dan yang paling baik diantara keduanya ialah yang memulai lebih dulu mengucap salam (Assalamu’alaikum) (Bukhori dan Muslim)

"Barangsiapa yang ingin Allah menganugrahkan baginya husnul khootimah maka hendaknya ia berhusnudzon kepada orang-orang" (Mawaa'idz Al-Imaam As-Syafii)

Seakan-akan Imam Syafii mengingatkan bahwasanya berbaik sangka kepada orang lain akan menjauhkan seseorang dari banyak kedzoliman dan dosa besar yang muncul dari berburuk sangka, seperti ghibah dan namimah, serta praktek pemboikotan/hajr yang keliru..dll.
Selain itu orang yang mampu senantiasa untuk berhusnudzon maka akan senantiasa memiliki hati yang lembut…sayang kepada saudaranya…jauh dari hasad….tidak merendahkan orang lain..dll
 






 

Related post



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Counter

Pengikut

Jadwal Shalat

Kalender Islam